• header
  • header

Selamat Datang di Website SCHOOL GREEN SMA NEGERI 7 TEBO | Terima Kasih Atas Kunjungannya, Mohon Kritik dan Sarannya

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 7 TEBO

NPSN : 10503254

Jalan Apel Desa Karangdadi Kecamatan Rimbo Ilir 37556


info@sman7tebo.sch.id

TLP : 081366096550


          

Banner

Agenda

01 June 2020
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Statistik


Total Hits : 30409
Pengunjung : 14754
Hari ini : 27
Hits hari ini : 31
Member Online : 0
IP : 34.204.176.125
Proxy : -
Browser : Opera Mini
PEMERINTAH PROVINSI JAMBI DINAS PENDIDIKAN RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH ( 4 TAHUN ) Tahun pelajaran 2017/2018 s.d. Tahun Pelajaran 2020/2021 SMA NEGERI 7 TEBO Jalan Apel Desa Karangdadi Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo Jambi 2018 LEMBARAN PENGESAHAN Berdasarkan Hasil Kerja Tim Pengembang Sekolah (TPS), Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS), Serta dengan Memperhatikan Masukan Dari Berbagai Pihak yang Terkait, Maka dengan Ini Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) SMA Negeri 7 Tebo Provinsi Jambi Tahun Pelajaran 2017/ 2018 s.d Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Disahkan Untuk Dilaksanakan Mulai Tahun Pelajaran 2017/2018. Rimbo Ilir , 02 Januari 2018 Ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Sugeng Sularno SM, S.Pd NIP 197105041999031002 Disetujui Oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi H. AGUS HERIANTO, SH NIP 196908181997031004 KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, kami dapat meyusun RKJM SMA Negeri 7 tEBOTahun Pelajaran 2017/2018 sd. 2020/ 2021 dengan baik . Rencana kerja jangka menengah bertujuan member arah dan alndasan pemenuhan standar mutu pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistematik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri. Di dalam RKJM ini tercakup semua riwayat tentang SMA Negeri 7 Tebo seperti visi, misi, dan tujuan sekolah, dan semua kegiatan ekstra kurikuler, termasuk juga prestasi-prestasi yang telah di raih oleh SMA Negeri 7 Tebo dalam mengikuti kompetensi yang dilaksanakan baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat propinsi. Kami menyadari bahwa RKJM yang telah kami susun ini masih memiliki banyak celah, kelemahan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, segala kritik, saran, dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak yang kompeten sangat kami harapkan, dan menyampaikan penghargaan serta ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyelesaian pembuatan RKJM ini. Kepala SMA Negeri 7 Tebo Selaku Ketua Tim Pengembang Sekolah, Sularno SM, S. Pd NIP. 19710504 199901 1 002 DAFTAR ISI hal Halaman Pengesahan ii Kata Pengantar iii Daftar isi iv BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang 1 B. Landasan Hukum 3 C. Tujuan 4 D. Manfaat 4 E. Ruang Lingkup 4 BAB II PROFIL SEKOLAH DAN ANALSISI KONTEKS A. Profil Sekolah 5 B. Analisis Lingkungan Eskternal 10 C. Analisis Lingkungan Internal 11 D. Analisis Kondisi Sekolah 4 tahun kedepan 11 E. Identifikasi Tantangan Nyata 4 tahun kedepan 15 F. Visi Sekolah 18 G. Misi Sekolah 18 H. Tujuan Sekolah 19 BAB III PROGRAM KERJA JANGKA MENENGAH (4 TAHUN) 20 BAB IV PENUTUP 27 BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Sejak digulirkan konsep baru dalam pengelolaan sekolah yaitu Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), maka sekolah diberi otonomi yang lebih luas dalam mengatur dan mengurus dirinya serta diberi kebebasan dalam pengambilan keputusan partisipatif. Artinya pengambilan keputusan dilakukan dengan melibatkan warga sekolah (pendidik, peserta didik, karyawan, orang tua peserta didik, dan tokoh masyarakat ), sehingga semua orang yang terlibat didalamnya bertanggung jawab dan berdedikasi penuh untuk mencapai tujuan sekolah. Konsekuensi dari otonomi sekolah yang lebih luas, membuat warga sekolah untuk kreatif, inovatif ,dinamis, dan memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi terhadap sekolah. Sekolah sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan harus terlibat secara aktif dan dinamis. Untuk itu, sekolah harus mampu menangkap peluang dan tantangan pada masa kini dan masa datang, sehingga dapat merumuskan visi dan misinya. Selanjutnya visi dan misi tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk Rencana-Rencana yang dapat dilaksanakan di sekolah dengan mengikutsertakan masyarakat. Dengan demikian Rencana yang dibuat dapat didukung oleh masyarakat dan sekaligus dapat dievaluasi oleh masyarakat. Berdasarkan pemikiran di atas, maka kepala sekolah, pendidik, komite sekolah, bersama-sama menyusun Rencana Kerja dan RAPBS SMA Negeri 7 Tebo tahun pembelajaran 2017 / 2018 yang merupakan acuan warga sekolah dalam melaksanakn kegiatan sekolah. SMA Negeri 7 Tebo merupakan Sekolah Menengah Atas termuda di kabupaten Merangin dengan status negeri, menempati lahan dengan luas kurang lebih 3,5 hektar, berada pada lokasi pedesaan. Saat ini SMA Negeri 7 Tebo memiliki 18 Rombongan Belajar (rombel) dengan jumlah siswa hampir 490 orang. Didukung oleh 38 orang tenaga pendidik dan 5 orang tenaga kependidikan. SMA Negeri 7 Tebo ikut berperan serta pada beberapa evens Perlombaan baik tingkat kabupaten, maupun tingkat provinsi. Beberapa prestasi tingkat kabupaten yang telah diraih merupakan perwujudan bahwa sekolah mampu berprestasi dan mampu bersaing di berbagai event tertentu. Hal ini tiada lain sebagai bentuk rasa tanggung jawab sebagai pengelola satuan pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga mutu/ kualitas pendidikan di Indonesia semakin meningkat dan setaraf dengan sekolah-sekolah lainnya, sehingga permasalahan pendidikan yang mendasar dapat teratasi secara baik dan benar. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya Pemerintah mengalokasikan dana untuk sekolah yang berprestasi dalam bentuk Bansos maupun Bantah. Hal ini merupakan jawaban terhadap tuntutan masyarakat untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Jika sekolah yang berkualitas merupakan sebuah kebutuhan dan tuntutan, tentunya dukungan dari semua elemen yang peduli dan bertanggung jawab terhadap kemajuan pendidikan sangat diperlukan. Sekolah sebagai salah satu unsur yang bertanggung jawab dalam pengelolaan pendidikan, perlu melakukan berbagai upaya yang mengacu pada peningkatan delapan standar pendidikan yang telah ditetapkan oleh BNSP, misalnya : pengembangan standar kompetensi lulusan, pengembangan kurikulum/Standar isi, peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, pengadaan dan perbaikan sarana prasarana, pemenuhan pembiayaan, pengembangan pengelolaan , pengembangan standar penilaian dan yang paling utama pengembangan standar proses pembelajaran. SMA Negeri 7 Tebo berupaya untuk memberikan layanan pendidikan yang baik maka diperlukan pemenuhan delapan standar pendidikan berupa penguatan, pendalaman, pengayaan, perluasan/dan atau penambahan terhadap SNP, dan juga TIK untuk kelengkapan sarana dan prasarana di SMA Negeri 7 Tebo karena masih banyak fasilitas yang kurang sehingga masih diperlukannya penambahan fasilitas sekolah agar dapat menyelenggarakan layanan pendidikan yang lebih baik. Sementara itu pemerintah telah melakukan reorientasi penyelenggaraan pendidikan dari manajemen berbasis pusat menuju MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), yang berfokus pada transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi semua pihak. Menganai standar pembiayaan siswa SMA Negeri 7 Tebo pertahun sudah relative memadai. Dengan diluncurkannya dana BOS, masih ada pandangan orang tua yang berasumsi bahwa pendidikan itu gratis. Meskipun partisipasi dari komite SMA Negeri 7 Tebo baik, namun masih perlu adanya peningkatan yang signifikan dari komite. Karena untuk mewujudkan sekolah yang bermutu dan memiliki daya saing, tentu saja sangat membutuhkan dukungan yang kuat dari komite. Dengan adanya bantuan dari semua pihak yang peduli dengan pendidikan akan sangat membantu pengelolaan sekolah, sebagai upaya untuk mempercepat kemajuan dan perkembangan mutu pendidikan. B. Landasan Hukum 1. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 3. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 4. Permendiknas No. 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Permrndiknas No. 24 Tahun 2006 Ttentang Pelaksanaan Permendiknas No, 22 Tahun 2006 Tentang Standar ISI untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendinas No. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Pendidikan Dasar dan Menegah 5. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan 6. Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan 7. Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 8. Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan 9. Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi 10. Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses 11. Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian 12. Permendikbud No. 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliah 13. Permendikbud No. 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks dan Buku Panduan Guru 14. Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 15. Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 16. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 17. Peraturan Bersama Disrjen Dikdas dan Dirjen Dikmen Nomor 5496/C/KR/2014 dan Nomor 7915/D/KP/2014 tentang Juknis Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 18. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah 19. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah 20. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah 21. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan 22. Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 23. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Nomor: tentang Petunjuk Pelaksanaan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/ 2018 bagi Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. C. Tujuan Tujuan penyusunan RKJM adalah untuk 1. memberikan panduan/ acuan bagi sekolah dalam melaksanakan rencana kerja dan pengembangan sekolah 2. Mempermudah kepala dan warga sekolah dalam mempersiapkan pembinaan dan penilaian yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan Dinas Pendidikan D. Manfaat Manfaat tersusunannya RKJM sebagai berikut: 1. Panduan kerja/ Pedoman pelaksanaan dalam menjalankan rencana kerja sekolah 2. Panduan kerja untuk mempermudah kepala sekolah dan warga sekolah dalam evaluasi dan pengembangan sekolah E. RUANG LINGKUP Ruang lingkup Rencana kerja jangka menengah meliputi RKT, RKAS dan RAPBS sekolah dalam upaya peningkatan mutu sekolah berdasarkan penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). PROFIL SMA NEGERI 7 TEBO A. IdentitasSekolah 1. Nama Sekolah : : SMANEGERI7TEBO Status Sekolah : : Negeri Nomor Pokok Statistik Nasional (NPSN) : : 10503254 2. NomorStatistikSekolah : 301100807001 Alamat Sekolah : : Desa Karangdadi (Blok C) Kecamatan : : RimboIlir Kabupaten / Kota*) : : Tebo Provinsi : : Jambi Kode Pos : : 37256 Telepon & Faksimili : E-mail : : sman7tebo@ymail.com Website : : www.sman7tebo.sch.id Tahun Berdiri Sekolah : : 1999 3. Nomor Rekening : : 901005702 Nama Bank : : Bank Jambi KantorCabang : : MuaraTebo AtasNama : : SMAN 7 TEBO 4. LuasLahanSekolah : : 20.000 m2 ( 2 ha ) Status Lahan : : MilikSendiri (AktaJualBeli Tanah) 5. Tegangan / DayaListrik : : 220 volt / 7700 watt B. J Jumlah Siswa (5 Tahun Terakhir) Th. Pelajaran Jml Pendaftar (Cln Siswa Baru) Kelas X Kelas XI Kelas XII Jumlah (Kls X-XII) Jml Siswa Jumlah Rombel Jml Siswa Jumlah Rombel Jml Siswa Jumlah Rombel Jml Siswa Jumlah Rombel 2014/2015 102 102 4 160 5 156 5 418 14 2015/2016 200 182 6 99 4 150 5 431 15 2016/2017 170 164 6 178 6 95 4 437 16 2017/2018 190 183 6 160 6 177 6 520 18 2018/2019 180 167 6 179 6 148 6 494 18 2019/2020 149 146 5 178 6 159 6 483 17 C. JumlahRombonganBelajar Kelas Jumlah Rombel X 5 XI 6 XII 6 Jumlah 17 D. Jumlah guru BerdasarkanKualifikasi Kualifikasi Jumlah Persen Doktor (S-3) Magister (S-2) 1 3,00% Sarjana (S-1) 35 97,00% SarjanaMuda (D-III) Diploma II (D-II) Diploma I (D-I) SLTA Total 35 100% E. Jumlah Guru Berdasarkan Status Kualifikasi Jumlah Persen Guru Tetap Yayasan 0 Guru Negeri (PNS) 22 61,12 % Guru Tidaktetap (Honorer) 14 38,88 % Total 36 100% F. Jumlah Tenaga Kependidikan Berdasarkan Kualifikasi Kualifikasi Jumlah Persen Doktor (S-3) Magister (S-2) Sarjana (S-1) 1 33,33 % Sarjana Muda (D-III) Diploma II (D-II) Diploma I (D-I) SLTA 4 50% SLTP 1 16,66 % Total 6 100% G. Jumlah Tenaga Kependidikan Berdasarkan Status Kualifikasi Jumlah Persen Tetap Yayasan Negeri (PNS) 2 40% Tidak tetap (Honorer) 4 60% Total 6 100% H. Jumlah Tenaga Non-Guru Berdasarkan Jenis Pekerjaan JenisPekerjaan Jumlah Tata Usaha atau Administratif 3 Pustakawan 1 Laboran Teknisi Kebersihan 1 Keamanan 1 Total 6 I. Jumlah ruang Kelas Kondisi Ruang Kelas Jumlah Persen Baik 10 55,56% Rusak Ringan 8 44,44% Rusak Berat Total 18 100% J. Perpustakaan a. Koleksi Buku : JenisBuku Jumlah Persen Buku Pelajaran 6.779 Buku Penunjang 163 Buku Bacaan 832 Total 7.774 b. Luas Perpustakaan : 108 m2 K. Lapangan Olah Raga : JenisLapangan Jumlah 1. Bola Voli 2 2. Badminton 1 3. Sepak Takraw 1 4. Basket 1 5. Futsal 1 L. Laboratorium dan Ruang Praktek Jenis Ruang Luas (m2) Kondisi & Pemanfaatan 1. Laboratorium Fisika 162 BAIK 2. Laboratorium Kimia 144 BAIK 3. Laboratorium Biologi - - 4. Laboratorium Bahasa - - 5. Laboratorium Komputer - - M. Prestasi Akademik (Rata-rata Nilai UN) Tahun 2017 Program Keahlian Mata Ujian Nilai Rata-rata Keterangan IPA Bahasa Indonesia 73,43 Matematika 38,65 BahasaInggris 48,89 Kimia 47,22 Fisika 40,94 Biologi 50,73 Program Keahlian Mata Ujian Nilai Rata-rata Keterangan IPS Bahasa Indonesia 67,00 Matematika 34,16 BahasaInggris 43,97 Ekonomi 56,35 Sosiologi 65,23 Geografi 58,71 N. Prestasi Sekolah 3 (Tiga) Tahun Terakhir 1. Drumd Band Terfavorit Festival Drumd Band Pelajar KNPI Cup 1 Kabupaten Tebo Tahun 2013 2. Juara III LPI tingkat SLTA Se-Kabupaten Tebo Tahun 2014 3. Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2014 4. Juara I OSN Bidang Studi Geografi SLTA Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2015 a.n. Wahyu Kurniawan 5. Juara I OSN Bidang Studi Ekonomi SLTA Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2015 a.n. Krismi Manggala 6. Juara I O2SN Cabang Tenis Meja Tunggal Putri SLTA Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2015 a.n. Lela Yulines 7. Terbaik I Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2015 8. Juara III Lomba Cerdas Cermat Kader Kesehatan Remaja Tingkat SLTA Se-Provinsi Jambi Tahun 2015 9. Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2015 10. Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2015 11. Juara I OSN Tingkat Kabupaten Tebo Bidang Studi Geografi Tahun 2016 12. Juara I OSN Tingkat Kabupaten Tebo Bidang Studi Komputer Tahun 2016 13. Juara I O2SN Tingkat Kabupaten Tebo Cabang Tenis Meja Putra Tahun 2016 14. Juara III O2SN Tingkat Kabupaten Tebo Cabang Lari Putri Tahun 2016 15. Juara I Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2016 16. Juara 1 Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2016 17. Juara Harapan 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2016 18. Peringkat 6 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2016 19. Juara 1 Lomba OSN Bidang Study Ekonomi Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2017 20. Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2017 21. Juara 2 Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2017 22. Juara 1 Pembicara dalam Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2017, atas nama Randi Bayu Aji 23. Juara 2 Pembicara dalam Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2017, atas nama Adinda Indah Defanka 24. Juara 2 Pembicara dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2017, atas nama Siti Aisyah 25. Juara 2 Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, atas nama Siti Aisyah 26. Juara 3 Pembicara dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017 dan Ikut Mewakili Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2017, atas nama Siti Aisyah 27. Juara 1 Lari 100 M Putra Lomba O2SN Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2017 28. Juara 2 Lari 100 M Putra Lomba O2SN Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2017 29. Juara 2 Lomba Penulisan Artikel Kependudukan SLTA Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, atas nama Randi Bayu Aji 30. Juara 1 Lomba Senam Lalu Lintas SLTA Tingkat Kabupaten Tebo Tahun 2017 9. Keadaan Sarana Prasarana Sekolah saat ini No Ruang Yang ada Seharusnya Keterangan Sarana 1 Ruang Kelas 18 18 Sudah digunakan untuk 26 rombel 2 Perpustakaan 1 1 Perlu penambahan jumlah buku 3 Laboratorium IPA 2 1 Belum tersedia alat dan bahan 4 Lab. Komputer 1 2 Belum tersedia 5 Lab.Bahasa - 1 Belum tersedia 6 Ruang Serbaguna - 1 Belum tersedia 7 Ruang Kesenian - 1 Belum tersedia 8 Ruang OSIS - 1 Baik 9 Ruang Pramuka - 1 Baik 10 Ruang UKS 1 1 Baik 11 Koperasi Sekolah - 1 Belum tersedia 12 Mushala 1 1 Baik 13 Ruang Kepala 1 1 Baik 14 Ruang Guru 1 1 Baik 15 Ruang Tata Usaha 1 1 Baik 16 Ruang BK 1 1 Baik 17 Ruang Wakil 1 1 Baik 18 Gudang - 1 Belum tersedia 19 WC Pendidik 2 2 Baik 20 WC Peserta didik 14 20 Belum cukup dgn rasio peserta didik 21 Tempat parkir - 2 Belum tersedia 22 Lapangan Basket ball 1 1 Baik 23 Lapangan Volly ball 1 1 Baik 24 Lapangan Bola - 1 Belum Tersedia 25 Lap. Badminton 1 1 Perlu Perbaikan 26 Lap. Tenis Meja 1 1 Kurang Baik Prasarana 1 Komputer Dekstop (Kantor) 1 1 Baik 2 Laptop (Op. Dapodik dan Wakur) 1 2 1 Belum tersedia 3 Printer 4 4 Belum tersedia 4 LCD Proyektor 8 26 Belum tersedia 5 TV 1 3 Belum tersedia 6 Parabola dan Digital Receiver 2 1 Baik 7 Sound Sistem R. Guru 1 1 Baik 8 Pengeras Suara 2 2 Baik 9 Speaker Aktif 2 4 Yang ada kondisinya Baik 10 Bel Sekolah - 1 Baik 11 Koneksi Internet 1 2Mbps Belum tersedia A. Analisis Lingkungan Eksternal Sekolah terletak Tengah Kota Bangko Perhatian pemerintah provinsi cukup tinggi Masyarakat mendambakan kemudahan akses pendidikan berkualitas Dukungan Komite sangat tinggi Lahan yang tersedia cukup luas : 20000 m2 dan bersertifikat Potensi pengembangan sekolah sangat terbuka B. Analisis Lingkungan Internal 1. Motivasi belajar siswa tinggi 2. Kemampuan guru menerima pembaharuan masih rendah 3. Kemampuan guru dalam penguasaan TI masih rendah 4. Pelayanan pembelajaran masih kurang 5. Fasilitas pembelajaran belum tersedia 6. Koleksi Perpustakaan belum memadai 7. Pelayanan administrasi masih lambat C. Analisis kondisi sekolah 4 tahun kedepan No Komponen Kondisi saat ini (2017-2018) Kondisi yang diharapkan (4 tahun yang akan datang) 1 Standar Isi Dokumen KTSP ada, pengesahan Dinas Pendidikan Propinsi sudah diajukan Dokumen KTSP disahkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Struktur dan muatan KTSP disusun sesuai petunjuk BSNP (90%) Struktur dan muatan KTSP disusun sesuai petunjuk BSNP (100%) Terbentuk Tim Pengembang Kurikulum dan Tim pengkaji SNP (90%) Memberdayakan Tim Pengembang Kurikulum dalam penyusunan KTSP dan Tim Pengkaji SNP (100%) Belum sepenuhnya dilaksanakan identifikasi SI,SKL,KI,KD sebagai acuan dalam menjabarkan menjadi indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Bahan Penilaian, dan Bahan Ajar/ Media/ Alat Pembelajaran Terintegrasi Pendikar dan PLH serta Berbasis ICT (70%) Seluruh guru melakukan identifikasi SI,SKL,KI,KD sebagai acuan dalam menjabarkan menjadi indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan, Pembelajaran, Bahan Penilaian, dan Bahan Ajar/ Media/ Alat Pembelajaran Terintegrasi kepada Pendikar dan PLH serta Berbasis ICT (100%) Silabus dikembangkan dengan memanfaatkan contoh silabus yang dikembangkan oleh Pusat (BNSP) sebagai referensi dalam penyusunan pengembangan silabus Silabus dikembangkan sendiri oleh guru dengan melihat kondisi nyata Satuan Pendidikan 2 Standar Kompetensi Kelulusan Rata-rata KKM ? 70 Rata-rata KKM < 80 Kelulusan Ujian Nasional belum meluluskan Kelulusan Ujian Nasional 100% Siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri 30% sesuai pilihan Siswa diterima di Perguruan Tinggi negeri 100% sesuai pilihan 3 Standar Proses Guru memiliki RPP dan bahan ajar yang dikembangkan oleh setiap guru berbasis ICT (75%) Semua memiliki RPP dan bahan ajar berbasis ICT yang dikembangkan oleh setiap guru Pelaksanaan pembelajaran belum sepenuhnya menerapkan pendekatan tatap muka, kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstuktur Pelaksanaan pembelajaran sepenuhnya menerapkan pendekatan tatap muka, kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstuktur Guru belum menyediakan jadwal untuk konsultasi mata pelajaran Guru menyediakan jadwal untuk Konsultasi mata pelajaran Guru belum maksimal memanfaatkan laboratorium untuk kegiatan di luar jadwal rutin Guru memanfaatkan laboratorium untuk kegiatan di luar jadwal rutin Perpustakaan belum dimanfaatkan secara maksimal untuk kegiatan pembelajaran Perpustakaan dimanfaatkan secara maksimal untuk kegiatan pembelajar Guru belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran berbasis TIK Guru sepenuhnya menerapkan pembelajaran berbasis TIK Supervisi pembelajaran telah dilaksanakan minimal 1 tahun 2 kali Supervisi pembelajaran dilaksanakan secara terencana dan hasil supervisi digunakan untuk perbaikan pembelajaran 4 Standar pendidik dan Kependidikan 80% guru memiliki kualifikasi akademik minimum S1/A4 20% guru memiliki kualifikasi akademik minimum S2 85% guru mengajar sesuai latar belakang pendidikan tinggi 100% guru mengajar sesuai latar belakang pendidikan tinggi 80% guru memiliki sertifikat pendidik 1000% guru memiliki sertifikat pendidik 10% guru mampu berbahasa Inggris aktif dan pasif 85% guru mampu berbahasa Inggris pasif 75% guru dapat mengoperasikan Computer secara mahir 100% guru dapat mengoperasikan Computer mahir 30% tenaga kependidikan tamatan S-1 50% tenaga kependidikan tamatan S-1 5 Standar Sarana dan Prasarana Jumlah minimum ruang kelas sama dengan jumlah rombongan belajar (ruang kelas yang ada 26, rombongan belajar 26) Jumlah minimum ruang kelas sama dengan jumlah rombongan belajar dan dalam kondisi baik Kapasitas ruang kelas rata-rata 31 orang siswa Kapasitas ruang kelas rata-rata 32 orang siswa Memiliki laboratorium (Fisika, Biologi) Memiliki laboratorium (Fisika, Kimia, Biologi,2 lab. Komputer, multimedia dan 2 lab. Bahasa, Lab. IPS) Belum memiliki Lab. IPS Memiliki Lab. IPS Memiliki 4 Unit Note Book Memiliki 10 Unit Note book Memiliki 7 LCD Projector Memiliki 28 unit LCD Projector Memiliki 1 ruang UKS tidak refrensif Memiliki 1 ruang UKS yang refresentatif Belum Memiliki gudang dengan luas 9 m2 Memiliki 3 gudang dengan luas minimal 21 m2 Koleksi buku-buku referensi belum lengkap di perpustakaan Memiliki buku-buku referensi lengkap Belum memiliki ruang BK yang Refresentatif Memiliki ruang BK yang refresentatif 6 Standar Pengelolaan Sekolah belum sepenuhnya melakukan pembinaan prestasi unggulan Sekolah melakukan pembinaan prestasi unggulan Sekolah belum memiliki fasilitas yang memadai untuk kegiatan ekstrakurikuler Sekolah memiliki fasilitas yang memadai untuk kegiatan ekstrakurikuler Sekolah belum mampu menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang relevan berkaitan dengan input, proses, output belum terjalin dengan baik Sekolah mampu menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang relevan berkaitan dengan input, proses, output bekerja sama dengan baik Supervisi pengelolaan akademikm belum dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan Supervisi pengelolaan akademik dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan SMAN 1 Merangin sebagai Sekolah sehat dan sekolah berbudaya lingkungan. Menjadi sekolah sehat di kabupaten Merangin 7 Standar Biaya Iuran Komite Sekolah Rp.55.000,- perbulan Iuran Komite Sekolah Rp.100.000,- perbulan Sekolah belum optimal menjalin kerja sama dengan donator dalam penggalian dana Sekolah menjalin kerja sama dengan donator dalam penggalian dana 8 Standar Penilaian Sekolah belum memiliki petunjuk oprasional penyampaian ketidakpuasan peserta didik Sekolah memiliki petunjuk oprasional penyampaian ketidakpuasan peserta didik dan sudah diterapkan sebagai tindak lanjut Belum seluruhnya Melaksanakan analisis dan pemanfaatan hasil penilaian Hasil analisis dan pemanfaatan hasil penilaian digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran 9 Kesiapan Sekolah dan Dukungan Eksternal Belum optimal dukungan dinas pendidikan dalam memberikan dukungan pembinaan dan sosialisasi tentang Sekolah unggulan Lokal dan Global Optimalisasi dukungan dinas pendidikan pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Provinsi Banten dalam memberikan dukungan pembinaan dan sosialisasi menuju sekolah unggulan Rasio jumlah pendaftar belum sesuai dengan kapasitas maksimal 1:3 siswa Rasio jumlah pendaftar dengan sesuai dengan jumlah siswa yang diterima 1:1 Lembaga/Instansi lainnya belum memberikan dukungan sarana dan prasana TIK Lembaga/Instansi lainnya memberikan dukungan sarana dan prasana TIK Lembaga/Instansi lainnya belum memberikan dukungan dana oprasional Lembaga/Instansi lainnya memberikan dukungan dana oprasional Belum ada dukungan asosiasi profesi, organisasi non struktural (MKKS, MGMP, Dewan Pendidikan, dll) dalam pencapaian SNP dalam bentuk : koordinasi dan fasilitasi Ada dukungan nyata dari asosiasi profesi, organisasi non struktural (MKKS, MGMP, Dewan Pendidikan, dll) dalam pencapaian SNP dan memiliki dokume kegiatan D. Identifikasi tantangan nyata 4 tahun kedepan Identifikasi Tantangan Nyata (Kesenjangan Kondisi) antara 4 Tahun Kedepan Dengan Kondisi Saat ini (2017-2018) No Komponen Kondisi saat ini (2017-2018) Kondisi yang diharapkan (4 tahun yang akan datang) Besarnya Kesen-jangan 1 Standar Isi Dokumen KTSP ada, pengesahan Dinas Pendidikan Propinsi sudah diajukan Dokumen KTSP disahkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi 0% Struktur dan muatan KTSP disusun sesuai petunjuk BSNP (90%) Struktur dan muatan KTSP disusun sesuai petunjuk BSNP (100%) 10% Terbentuk Tim Pengembang Kurikulum dan Tim pengkaji SNP (90%) Memberdayakan Tim Pengembang Kurikulum dalam penyusunan KTSP dan Tim Pengkaji SNP (100%) 10% Belum sepenuhnya dilaksanakan identifikasi SI,SKL,KI,KD sebagai acuan dalam menjabarkan menjadi indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Bahan Penilaian, dan Bahan Ajar/ Media/ Alat Pembelajaran Terintegrasi Pendikar dan PLH serta Berbasis ICT (70%) Seluruh guru melakukan identifikasi SI,SKL,KI,KD sebagai acuan dalam menjabarkan menjadi indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan, Pembelajaran, Bahan Penilaian, dan Bahan Ajar/ Media/ Alat Pembelajaran Terintegrasi kepada Pendikar dan PLH serta Berbasis ICT (100%) 30% Silabus dikembangkan dengan memanfaatkan contoh silabus yang dikembangkan oleh Pusat (BNSP) sebagai referensi dalam penyusunan pengembangan silabus Silabus dikembangkan sendiri oleh guru dengan melihat kondisi nyata Satuan Pendidikan 40% 2 Standar Kompetensi Kelulusan Rata-rata KKM ? 75 Rata-rata KKM <80 6% 3 Standar Proses Guru memiliki RPP dan bahan ajar yang dikembangkan oleh setiap guru berbasis ICT (75%) Semua memiliki RPP dan bahan ajar berbasis ICT yang dikembangkan oleh setiap guru 40% Pelaksanaan pembelajaran belum sepenuhnya menerapkan pendekatan tatap muka, kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstuktur Pelaksanaan pembelajaran sepenuhnya menerapkan pendekatan tatap muka, kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstuktur 50% Guru belum seluruhnya menyediakan jadwal untuk konsultasi mata pelajaran Guru menyediakan jadwal untuk Konsultasi mata pelajaran 60% Guru belum maksimal memanfaatkan laboratorium untuk kegiatan di luar jadwal rutin Guru memanfaatkan laboratorium untuk kegiatan di luar jadwal rutin 40% Perpustakaan belum dimanfaatkan secara maksimal untuk kegiatan pembelajaran Perpustakaan dimanfaatkan secara maksimal untuk kegiatan pembelajar 60% Guru belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran berbasis TIK Guru sepenuhnya menerapkan pembelajaran berbasis TIK 60% Supervisi pembelajaran telah dilaksanakan minimal 1 tahun 2 kali Supervisi pembelajaran dilaksanakan secara terencana dan hasil supervisi digunakan untuk perbaikan pembelajaran 50% 4 Standar pendidik dan Kependidikan 90% guru memiliki kualifikasi akademik minimum S1/A4 100% guru memiliki kualifikasi akademik minimum S1/A4 20% 85% guru mengajar sesuai latar belakang pendidikan tinggi 100% guru mengajar sesuai latar belakang pendidikan tinggi 15% 80% guru memiliki sertifikat pendidik 100% guru memiliki sertifikat pendidik 20% 10% guru mampu berbahasa Inggris aktif dan pasif 85% guru mampu berbahasa Inggris Pasif 25% 75% guru dapat mengoperasikan Computer secara mahir 100% guru dapat mengoperasikan Computer mahir 25% 30%Tenaga kependidikan tamatan S-1 50% Tenaga kependidikan tamatan S-1 40% 5 Standar Sarana dan Prasarana Jumlah minimum ruang kelas sama dengan jumlah rombel (ruang kelas yang ada 28, rombel 26) Jumlah minimum ruang kelas sama dengan jumlah rombongan belajar dan dalam kondisi baik 0% Kapasitas ruang kelas rata-rata 31 orang siswa Kapasitas ruang kelas rata-rata 32 orang siswa 100% Memiliki laboratorium IPA Memiliki laboratorium (Fisika, Kimia, Biologi,2 lab. Komputer, multimedia dan 2 lab. Bahasa, Lab. IPS) 50% Belum memiliki Lab. IPS Memiliki Lab. IPS 100% Memiliki 4 Unit notebook Memiliki 10 unit notebook 60% Memiliki 7 Unit LCD Projector Memiliki 28 unit LCD Projector 75% Memiliki 1 ruang UKS Memiliki 1 ruang UKS yang refresentatif 20% Belum Memiliki 1 gudang dengan luas 9 m2 Memiliki 3 gudang dengan luas minimal 21 m2 90% Koleksi buku-buku referensi belum lengkap di perpustakaan Memiliki buku - buku referensi lengkap 20% Belum memiliki ruang BK yang Refresentatif Memiliki ruang BK yang refresentatif 20% 7 Standar Biaya Iuran Komite Sekolah Rp.55.000,- perbulan Iuran Komite Sekolah Rp.100.000,- perbulan 50% Sekolah belum optimal menjalin kerja sama dengan donator dalam penggalian dana Sekolah menjalin kerja sama dengan donator dalam penggalian dana 80% 8 Standar Penilaian Sekolah belum memiliki petunjuk oprasional penyampaian ketidakpuasan peserta didik Sekolah memiliki petunjuk oprasional penyampaian ketidakpuasan peserta didik dan sudah diterapkan sebagai tindak lanjut 100% Belum seluruhnya Melaksanakan analisis dan pemanfaatan hasil penilaian Hasil analisis dan pemanfaatan hasil penilaian digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran 40% 9 Kesiapan Sekolah dan Dukungan Eksternal Belum optimal dukungan dinas pendidikan dalam memberikan dukungan pembinaan dan sosialisasi tentang Sekolah unggulan Lokal dan Global Optimalisasi dukungan dinas pendidikan Provinsi Jambi dalam memberikan dukungan pembinaan dan sosialisasi menuju sekolah unggulan 40% Rasio jumlah pendaftar dengan kapasitas ruang kelas 1:3 Rasio jumlah pendaftar dengan jumlah siswa yang diterima minimal 1:1 40% Lembaga/Instansi lainnya belum memberikan dukungan sarana dan prasana TIK Lembaga/Instansi lainnya memberikan dukungan sarana dan prasana TIK 100% Lembaga/ Instansi lainnya belum memberikan dukungan dana oprasional Lembaga/Instansi lainnya memberikan dukungan dana oprasional 100% Belum sepenuhnya ada dukungan asosiasi profesi, organisasi non struktural (MKKS, MGMP, Dewan Pendidikan, dll) dalam pencapaian SNP dalam bentuk : koordinasi dan fasilitasi Ada dukungan nyata dari asosiasi profesi, organisasi non struktural (MKKS, MGMP, Dewan Pendidikan, dll) dalam pencapaian SNP dan memiliki dokume kegiatan 50% E. VISI SMA NEGERI 1 MERANGIN ”MENUJU PESERTA DIDIK BERPRESTASI, KOMPETETTIF, TERAMPIL SERTA MENGUASAI IPTEK DENGAN DILANDASI IMTAQ” Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah yang : Unggul dalam budi pekerti Unggul dalam aktivitas keagamaan Unggul dalam budaya tertib dan disiplin. Unggul dalam budaya bersih dikalangan guru, siswa dan karyawan Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik Unggul penguasaan teknologi dan informasi Unggul dalam karya seni dan aktivitas ekonomi F. Misi Untuk mewujudkan visi di atas SMA Negeri 7 tEBO merumuskan misinya sebagai berikut : Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut sehingga menjadi sumber kearifan dalam berprilaku. Menanamkan budaya bersih pada seluruh warga sekolah agar tercipta suasana sekolah yang asri. Menanamkan sikap disiplin seluruh warga sekolah Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga dapat mengembangkan daya, karya serta inovasi peserta didik. Mencipatakan kegairahan belajar dan semangat keunggulan dalam pendidikan untuk mencapai prestasi akademik yang memadai. Menyiapkan peserta didik untuk dapat melanjutkan ke PTN yang bereputasi baik pada jurusan yang prospektif. Menumbuhkan motivasi peserta didik terhadap bahasa Inggris sehingga peserta didik mampu berbahasa Inggris dengan aktif. Menjadikan sekolah sebagai pusat seni dan budaya yang dapat membawa nama baik sekolah ditingkat Kabupaten dan propinsi Jambi. Menjadikan SMA Negeri 7 Tebo sebagai arena untuk menumbuhkan sikap cerdas dan sportif serta sehat jasmani dan rohani dengan mengembangkan olah raga. Menyiapkan peserta didik dalam pengusaan teknologi informasi-komputer dan ketrampilan untuk menyiapkan kemandirian untuk masa depannya. G. Tujuan SMA Negeri 7 Tebo 1. Membentuk pribadi berbudi (berkhlak), cerdas dan berprestasi, dan memiliki kemandirian dalam menjalani kehidupan dimasa datang, serta memiliki kepedulian terhadap permasalahan lingkungan hidup dan lingkungan sosial. 2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan yang diterima di PTN sesuai minat bakat dan pilihan peserta didik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun Selekasi Mandiri setiap tahun. 3. Menjadikan sekolah sebagai tempat pembentukan karakter dan kepribadian yang baik dengan meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, budi pekerti yang luhur, serta keterampilan untuk hidup mandiri. 4. Memiliki kurikulum dengan keunggulan lokal dan global dengan mengedepankan nilai-nilai budaya dan mengintegrasikan keunggulan lokal dan global pada seluruh mata pelajaran, berbasis TIK dan membudayakan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di lingkungan sekolah. 5. Mewujudkan sistem kepemimpinan yang kuat dalam mengakomodir, menggerakan dan menyelaraskan semua sumber daya pendidikan yang tersedia. 6. Mengelola tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, penilaian kinerja, hubungan kerja yang memadai. 7. Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga sekolah yang didasarkan pada keterampilan/ skill dan profesionalisme. 8. Menciptakan system kebersamaan melalui tim kerja yang kompak, dinamis dan religius dalam rangka menghasilkan lulusan berkualitas. 9. Menyelenggarakan Manajemen Sistem Informasi Sekolah yang terbuka dan berorientasi pelayanan serta Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang mendorong partisipatif, transparansi dan akuntabilitas 10. Mewujudkan keterapilan peserta didik dengan memberdayakan multiple-intelligence melalui proses pembelajaran yang bersifat kontekstual dan kolaboratif. 11. Menanamkan pemahaman tentang pendidikan sebagai profesi dalam melaksanakan prilaku kerja yang berkaitan dengan profesi sebagai pendidik. 12. Memiliki sistem informasi sekolah berbasis TIK dan Pusat Sumber Belajar dan E-learning. 13. Memiliki struktur organisasi yang dinamis, efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi sekolah dalam mendukung keberhasilan pembelajaran peserta didik. 14. Memperoleh prestasi dalam keikutsertaan OSN, O2SN dan FLS2N di tingkat kabupaten dan provinsi. BAB III PROGRAM KERJA JANGKA MENENGAH (4 TAHUN) PERIODE 2017/2018 s.d 2020/2021 No. KOMPONEN KEGIATAN URAIAN KEGIATAN TARGET PENCAPAIAN 2017/2018 2018/2019 2019/2020 2020/2021 1. Pemenuhan Standar Isi Penyempurnaan dokumen kurikulum 1. Penetapan beban belajar untuk setiap mata palajaran 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 2. Menyusun kurikulum muatan lokal 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 3. Pengembangan program pendidikan kecakapan hidup 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 4. Pengembangan kurikulum berwawasan lokal dan global 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah Peningkatan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap peserta didik 1. Menyusun program pelayanan BK 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 2. Melaksanakan program pelayanan BK V V V V 3. Melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan BK 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler untuk pengembangan diri siswa Menyusun dan melaksanakan program kegiatan ekstra kurikuler yang meliputi Kegiatan : 1. Olah raga 2. Seni 3. Pramuka 4. Olimpiade sain, olah raga dan seni 5. Paskib 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 2. Pemenuhan Standar Proses Penyempurnaan silabus dan RPP 1. Melaksanakan lokakarya/IHT 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 2. Melaksanakan MGMP sekolah setiap Mapel setiap Mapel setiap Mapel setiap Mapel 3. Melaksanakan kegiatan pembim bingan/pendampingan setiap Mapel setiap Mapel setiap Mapel setiap Mapel Melengkapi sumber belajar 1. Menginventarisir ketersediaan sumber belajar V V V V 2. Menyusun rencana penambahan sumber belajar V V V V 3. Pengadaan tambahan sumber belajar V V V V Pelaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik 1. Melaksanakan lokakarya/IHT V V V V 2. Melaksanakan MGMP sekolah Semua guru Semua guru Semua guru Semua guru 3. Melaksanakan kegiatan pembim bingan/pendampingan mata pelajaran mata pelajaran mata pelajaran mata pelajaran 4. Melaksanakan supervisi kelas v v v v 5. Melaksanakan tindak lanjut supervisi kelas v v v v Pelaksanaan supervisi pembela jaran yang dilaksanakan bedasarkan perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut 1. Menyusun program supervisi kelas 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 2. Melaksanakan program supervisi kelas 3. Melaksanakan pembinaan sebagai tindak lanjutsupervisi kelas Semua guru Semua guru Semua guru Semua guru 3 Pemenuhan SKL Peningkatan rata-rata KKM 1. Melakukan analisis penetapan KKM 1 naskah/ mapel 1 naskah/ mapel 1 naskah/ mapel 1 naskah/ mapel Peningkatan rata-rata nilai UN 1. Melakukan analisis KI/KD yang belum dikuasai siswa di kelas X, XI dan kelas XII 1 naskah/ mapel 1 naskah/ mapel 1 naskah/ mapel 1 naskah/ mapel 2. Maksanakan sosialisasi UN kepada orang tua/wali siswa 1 kali 1 kali 1 kali 3. Melengkapi buku pelengkap V V V 4. Melaksanakan kegiatan bimbingan belajar menghadapi UN V V V 1. Meningkatkan nilai rata-rata UN: 2 kali 2 kali Peningkatan rata-rata nilai US 1. Melakukan analisis KI/KD yang belum dikuasai siswa di kelas X, XI dan kelas XII 1 naskah/ mapel 1 naskah/ mapel 1 naskah/ mapel 1 naskah/ mapel 2. Melengkapi buku pelengkap V V V 3. Meningkatkan nilai rata-rata US : V V V Peningkatan prestasi non akademik yang meliputi: OSN O2SN FLS2N Lainnya 1. Penunjukkan guru pembimbing v v v v 2. Melengkapi sarana kegiatan 3. Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan lomba di tingkat kabupaten 10 terbaik 5 terbaik 3 terbaik 3 terbaik 4 Pemenuhan Standar PTK Penambahan tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan setiap mata pelajaran 1. Mengusulkan kepada Pemprov untuk penambahan guru mata pelajaran yang masih kurang v v 2. Mengusulkan kepada Pemrov untuk memutasikan guru mata pelajaran yang berlebih v v Penambahan tenaga kependidi kan sesuai dengan kebutuhan Mengusulkan kepada Pemprov untuk penambahan tenaga kependidikan (Pegawai TU, Pustakawan, Laboran) V V Peningkatan kuwalifikasi ijazah tenaga pendidik Memotivasi guru untuk kuliah agar memperoleh ijazah S-2 sesuai standar V V V Peningkatan kompetensi tenaga pendidik 1. Melaksanakan lokakarya/IHT V V V V 2. Melaksanakan MGMP sekolah V V V V 3. Menugaskan guru untuk mengikuti MGMP Kabupaten, diklat V V V V 4. Melaksanakan kegiatan pembim bingan/pendampingan V V V V 5. Melaksanakan supervisi kelas V V V V 6. Melaksanakan tindak lanjut supervisi kelas V V V V 7. Memotivasi guru untuk berupaya secara mandiri meningkatkan kompetensinya V V V V Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan 1. Memberikan bimbingan kepada tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensinya V V V V 2. Memotivasi tenaga kependidikan untuk berupaya secara mandiri meningkatkan kompetensinya V V V V 5 Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana Pemenuhan standar sarana (mobiler) ruang belajar Mengusulkan kepada Pemprov untuk penambahan/penggantian mobiler ruang belajar V V Pemenuhan standar sarana perpustakaan dan Lab. TIK Mengusulkan kepada Pemprov untuk Pembangunan Lab. TIK V V Pemenuhan standar alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran Mengusulkan kepada Pemprov untuk penambahan sumber belajar termasuk buku V V V Pemeliharaan dan pengadaan bangunan sekolah 1. Malaksanakan pengecatan ruang kelas dan perpustakaan V 0 2. Melaksanakan pengecatan ruang kantor, Lab.IPA, dan bangunan lainnya V 0 V 3. Perbaikan terhadap bangunan yang mengalami rusak ringan v v v v 4. Pembuatan pagar sekolah v v 5. Pemasangan konblok akses masuk v v 6. Pemasangan konblok/ betonisasi lapangan upacara v v 7. Penambahan ruang kelas baru v v v v 8. Pembauatan taman sekolah v v v v 9. Pembuatan taman ruang kelas v v v v 10.Pembuatan lapangan volly v 11. Pembuatan lapagan basket v 6 Pemenuhan Standar Pengelolaan Peningkatan pemahaman warga sekolah terhadap visi dan misi sekolah Melakukan sosialisasi visi dan misi sekolah kepada warga sekolah termasuk orang tua/wali siswa v v v v Peningkatan kemandirian, ke mitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas dalam pengelolaan sekolah. 1. Melakukan sosialisasi tentang MBS kepada warga sekolah termasuk orang tua/wali siswa v v v v .Perumusan rencana kerja jangka menengah (RKJM) dengan tujuan yang jelas. 1. Merumuskan RKJM dengan melibat kan berbagai komponen yang terkait 1 naskah 2. Merumuskan RKJM dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan mutu sekolah 1 naskah 3. Mensosialisasikan rencana kerja sekolah kepada pihak yang terkait V Penyusunan rencana kerja tahunan (RKT) sekolah 1. Penunjukan tim penyusun RKT sekolah 1 tim 1 tim 1 tim 1 tim 2. Menyusun RKT sekolah v v v v 3. Mensosialisasikan RKT sekolah kepada pihak terkait 1 naskah 1 kali 1 naskah 1 kali 1 naskah 1 kali 1 naskah 1 kali Melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar. 1. Melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) secara berkelanjutan v v v v 2. Melakukan analisis hasil EDS v v v v 3. menetapkan skala prioritas penyu sunan program sekolah sebagai tindak lanjut hasil EDS 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 4. Penyusunan program kerja sekolah v v v v Pengelolaan system informasi 1. Pengadaan alat IT v v v v 2. Memberikan pe;atihan operator IT v v v v 3. Mengelola informasi dengan berbasis IT v v v v Peningkatan keefektifan kinerja pendidik dan pengembangan profesi pendidik 1. Melakukan evaluasi diri guru (EDG) Semua Semua Semua Semua 2. Melakukan analisis dan pemetaan hasil EDG guru(100%) guru(100%) guru(100%) guru(100%) 3. Menyusun program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 4. Melaksanakan PKB melalui kgiatan mandiri guru, MGMP, pembim bingan, diklat Semua guru Semua guru Semua guru Semua guru Peningkatan supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan 1. Menyusun program supervisi 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah 2. Melaksanakan program supervisi 100 % 100 % 100 % 100 % 3. Melakukan pembinaan sebagai tindak lanjut hasil supervisi 100 % 100 % 100 % 100 % 4. Melaksanakan penilaian kinerja guru PKG) 100 % 100 % 100 % 100 % 5. Melaksanakan penilaian kinerja guru yang memperoleh tugas tambahan dan pegawai Tata usaha 100 % 100 % 100 % 100 % 6. Melaksanakan penilaian prestasi kerja (DP3) guru dan pegawai 100 % 100 % 100 % 100 % Peningkatan keterlibatan warga sekolah dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis 1. Mensosialisasikan rencana kerja sekolah kepada semua warga sekolah V V V V 2. Memotivasi warga sekolah terkait dengan keterlibatannya dalam pengelolaan kegiatan akdemis dan non akademis V V V V Peningkatan keterlibatan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan non akademis 1. Mensosialisasikan rencana kerja sekolah kepada anggota masyara kat 2. Memotivasi masyarakat terkait dengan keterlibatannya dalam pe ngelolaan kegiatan non akademis V V V V Melaksanakan kegiatan penerimaan peserta didik baru )PPDB) 1. Melakukan analisis daya tampung peserta didik baru V V V V 2. Membentuk tim PPDB V V V V 3. Melaksanakan PPDB V V V V 4. Melaporkan hasil kegiatan PPDB V V V V 7 Pemenuhan Standar Pembiyaan Perumusan anggaran sekolah merujuk kepada peraturan pemerintah, pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota Melakukan perumusan dan pengelolaan anggaran sekolah yang merujuk kepada peraturan pemerintah, pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota V V V V Perumusan RAPBS/RKAS dengan melibatkan Komite Sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan. Merumuskan RAPBS/RKAS dengan melibatkan Komite Sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah Penyusunan keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel Menginformasikan kepada warga sekolah tentang pengelolaan keuang sekolah V V V V Pelaporan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan Menyusun dan menyampaikan laporan Keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan pada setiap akhir triwulan 1 naskah 1 naskah 1 naskah 1 naskah Upaya mencari dana sekolah dengan inisiatif sendiri Bekerjasama dengan komite sekolah untuk mengupayakan mencari dana untuk kepentingan sekolah V V V V Memelihara hubungan dengan alumni 1. Melakukan pendataan terhadap alumni V 0 0 0 2. Memprakarsai pembentukan ikatan alumni V 0 0 0 3. Menjalin kerjasama denga alumni terkait peningkatan mutu sekolah V V V V Peningkatan pelayanan terhadap siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. 1. Melakukan pendataan dan pemetaan tingkatan sosial ekonomi siswa V V V V 2. Memberikan bantuan kepada siswa ekonomi lemah dan siswa berkebutuhan khusus V V V V Melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu dibidang ekonomi Mengupayakan subsidi silang kepada siswa yang kurang mampu di bidang ekonomi V V V V 8 Pemenuhan Standar Penilaian Penyusunan perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik 1. Membuat tabel distribusi soal V V V V 2. Menyusun kisi-kisi soal dengan menerapkan berbagai teknik dan bentuk penilaian V V V V 3. Menulis soal baik untuk UH, UTS, maupun untuk ujian akhir semester (UAS) V V V V Pemberian informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Memberikan penjelasan kepada peserta didik mengenai criteria penilaian dan KKM mata pelajaran V V V V Penerapan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan peserta didik 1. Melaksanakan penilaian hasil bela jar yang meliputi UH, UTS, UAS, dan ujian kenaikan kelas (UKK) V V V V 2. Mengoreksi dan mengolah hasil penilaian V V V V 3. Melakukan analisis hasil penilaian ulangan harian (UH) 4. menyusun dan melaksanakan pem belajaran perbaikan (remedial teaching) dan pemb. V V V V V V V V 5. pengayaan 6. Melaporkan hasil penilaian hasil belajar kepada orang tua/wali siswa pada pertengahan semester dan akhir semester. V V V V Pemberian masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik Guru memberikan komentar dan masukan tentang penilaian hasil belajar kepada peserta didik V V V V Menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajatan V V V V Melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa 1. Mensosialisasikan teknik dan bentuk penilaian kepada orang tua peserta didik V V V V 2. Menuntut peran aktif orang tua peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar anak-anaknya. V V V V BAB IV PENUTUP Rencana Kerja Jangka Menengah ini merupakan upaya untuk memberikan kemudahan bagi kepala sekolah dan warga sekolah lainnya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi tugas dan fungsinya sebagai pelaksana kegiatan di sekolah secara sistematis, dan terarah. Dalam buku Rencana Kerja Jangka Menengah ini berisirencana kerja sekolah untuk empat tahun kedepan yang merupaka langkah-langkah procedural dalam pelaksanaan tugasnya secara terstruktur dan periodik, sehingga diharapkan semua program dan kegiatan yang dilakukan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien dalam mewujudkan sekolah yang bermutu dan kompetitif. Keterlaksanaan Rencana Kerja Jangka Menengah ini sangat tergantung kepada pemahaman warga sekolah terhadap tugas pokok dan fungsi, komitmen warga sekolah terhadap visi dan misi yang ditetapkan dalam tugas, dan kemampuan dalam memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di lingkungan sekolah. Jika warga sekolah dapat melaksanakan Rencana Kerja Jangka Menengah ini maka akan dapat diwujudkan sekolah yang bermutu dan kompetitif sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan negara. Dengan adanya Rencana Kerja Jangka Menengah ini, diharapkan para warga sekolah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara lebih efektif dan efisien, sistematis, dan terarah. Selain itu, Rencana Kerja Jangka Menengah ini dapat dijadikan acuan oleh warga sekolah, pengawas sekolah, dan dinas pendidikan setempat dalam proses penilaian kinerja seluruh warga sekolah dan pembinaan kemampuan warga sekolah secara berkelanjutan.